1.7.
Pedoman
Etika
Aplikasi
etis komunikasi virtual banyak menggunakan beberapa pedoman etika dalam
penggunaannya, namun etika yang paling populer digunakan adalah etika keluaran
Florida University Amerika (FAU) dan seseorang netters Vergina Shea. Pada versi
FAU beberapa etika yang dikemukakan adalah sebagai berikut:
a. Internet
tidak digunakan sebagai sarana kejahatan bagi orang lain, artinya pemanfaatan
internet semestinya tidak untuk merugikan orang lain baik secara materil maupun
moril.
b. Internet
tidak digunakan sebagai sarana mengganggu komputer. Contoh nyata adalah
penyebaran virus melalui internet.
c. Internet
tidak digunakan sebagai sarana menyerobot atau mencuri file orang lain.
d. Internet
tidak digunakan untuk mencuri, contoh pengacakan kartu kredit dan pembobolan
kartu kredit.
e. Internet
tidak digunakan sebagai sarana kesaksian palsu.
f. Internet
tidak digunakan untuk mengcopy software tanpa adanya pembayaran.
g. Internet
tidak digunakan
sebagai sarana mengambil sumber-sumber penting tanpa adanya ijin atau mengikuti
aturan yang berlaku.
h. Internet
tidak digunakan untuk mengakui hak
intelektual orang lain.
i.
Bertanggung jawab terhadap isi pesan yang
disampaikan.
Menggunakan
internet untuk keperluan berarti serta saling menghormati antar pengguna
internet. Sepuluh etika ini disebut sebagai “the
ten commandements for computer ethics” atau sepuluh perintah etika
menggunakan komputer. Versi lain yang juga menjadi rujukan etika komunikasi
virtual adalah netiket yang disampaikan oleh Virgina Shea. Isi etika tersebut
terdiri dari sepuluh pedoman pula yaitu:
a. Lawan
bicara dalam internet adalah manusia, sehingga penempatan diri secara empati
perlu dilakukan dalam komunikasi virtual.
b. Gunakan
standar perilaku yang sama dalam kehidupan dan komunikasi alam nyata.
c. Mampu
menempatkan diri dalam dunia maya dengan cara mengenali dahulu anggota
komunitas yang online pada jalur tersebut.
d. Menghormati
secara sesame user juga penggunaan bandwith
yang tersedia.
e. Berkepribadian
yang enak dan harmonis dalam penyusunan kata pesan yang dipampangkan agar lebih
memudahkan dalam pemaknaan pesan.
f. Membagi
semua pengalaman yang ada.
g. Mengatasi
emosi yang terjadi dalam komunikasi virtual. Menghormati hal prifasi orang
lain.
h. Penonjolan
karakter adalah sesuatu yang tidak etis dalam proses komunikasi.
i.
Member maaf pada kesalahan yang
dilakukan oleh orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar