Minggu, 18 November 2012

Perkembangan Internet

Internet yang merupakan kepanjangan dari Interconection Networking atau juga yang telah menjadi International Networking merupakan suatu jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia tanpa dibatasi oleh jumlah unit menjadi satu jaringan yang bisa saling mengakses. Dengan internet tersebut, satu komputer dapat berkomunikasi secara langsung dengan komputer lain di berbagai belahan dunia.
Internet pertama kali dikembangkan oleh salah satu lembaga riset di Amerika Serikat, yaitu DARPA (Defence Advanced Research Projects Agency) pada tahun 1973. Pada saat itu DARPA membangun Interconection Networking sebagai sarana untuk menghubungkan beberapa jenis jaringan paket data seperti CS-net, BIT-net, NSF-net dan lain-lain. Tahun 1972 jaringan komputer yang pertama dihasilkan adalah ARPAnet yang telah menghubungkan 40 titik dengan menggunakan FTP.
Pada perkembangannya titik yang dihubungkan semakin banyak sehingga NCP tak lagi dapat menampung, lalu ditemukan TCP dan IP. Tahun 1984, host berkembang menjadi DNS dan tahun 1990 terdapat penambahan aplikasi diantaranya www, wais dan ghoper. Dari segi penggunaan internet pun mengalami perkembangan begitu cepat mulai dari aplikasi sederhana seperti chatting hingga penggunaan VOIP.
Internet telah dan akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Pemanfaatnnya pun telah merasuk dalam berbagai bidang kehidupan, era internet tersebut membawa perubahan besar dalam tatanan kehidupan masyarakat. Era yang menimbulkan munculnya peluang baru untuk membangun dan memperbaiki pendidikan, bisnis, layanan pemerintah, dan demokrasi.
Berikut ini beberapa alasan mengapa internet memberikan dampak besar dalam segala aspek kehidupan:
a.       Informasi di internet dapat diakses 24 jam
b.      Biaya relatif murah dan bahkan gratis
c.       Kemudahan akses informasi dalam melakukan transaksi
d.      Kemudahan membangun relasi dengan pelanggan
e.       Materi dapat di up-date dengan mudah
f.       Keterbukaan “Tanpa Sensor”
g.      Pengguna internet telah merambah ke segala penjuru dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar